Kamis, 18 Oktober 2018

ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI MATA KULIAH DASAR UTAMA


Pengertian Ilmu Sosial Dasar

Ilmu sosial dasar adalah suatu pengetahuan yang mengkaji masalah masalah sosial serta pemecahan masalah atas apa yang dialami oleh masyarakat khususnya masyarakat Indonesia.  Ilmu ini mencakup semua aspek sosial mulai dari sifat seseorang, interaksi antar individu, dan interaksi antar kelompok dsb.

Dari bentuk interaksi sosial tersebut akan tercipta suatu hubungan timbal balik antar individu. Dalam interaksi tersebut kemungkinan akan sering terjadi konflik, konflik disini dalam artian luas, tidak hanya masalah saja, Akan tetapi juga komunikasi yang menimbulkan hubungan timbal balik. Ilmu sosial dasar juga mempunyai fungsi dan tujuan untuk mempelajari hubungan tersebut.



Tujuan Ilmu Sosial Dasar

Tegasnya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar diberikan dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar tentang ilmu ilmu sosial yang dikembangkan untuk mengkaji berbagai gejala sosial dalam masyarakat agar mahasiswa dapat bersikap kritis dalam menghadapi lingkungan sosial.

Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan sebagai berikut:

a    1.      Memberikan pemahaman dan kesadaran kepada mahasiswa tentang adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah- masalah sosial yang ada dalam masyarakat.

b      2.     Mahasiswa lebih peka terhadap masalah-masalah sosial dan turut serta dalam menanggulangi masalah yang terjadi dalam masyarakat.

      3.    Mahasiswa dapat menyadari bahwa permasalahan yang dialami oleh masyarakat bersifat kompleks dan harus dipecahkan dengan menggunakan tinjauan berbagai sudut pandang ilmu serumpun yang relevan atau tepat guna secara terpadu. 


Pengelompokkan Ilmu Sosial Dasar

Ilmu pengetahuan dikelompokkan menjadi 3 kelompok besar yaitu :

1. Ilmu-ilmu Alamiah ( natural science ) : Ilmu Alamiah digunakan untuk mengetahui segala keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Setelah mengetahui keteraturan keteraturan tersebeut untuk selanjutnya dikaji dengan menentukan hukum yang berlaku dan membuat analisis untuk menentukan suatu kualitas.

2. Ilmu-ilmu sosial ( social science ) : Ilmu Sosial digunakan untuk mengkaji segala keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Dalam hal ini pun menggunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah.

3. Pengetahuan budaya ( the humanities )  : Pengetahuan Budaya digunakan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Metode Pengungkapan adalah salah satu cara yang digunakan dalam mengungkap berbagai peristiwa dan kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.


Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)


Perbedaan

Ilmu sosial dasar (social science) adalah ilmu yang mempelajari dan menelaah masalah sosial dalam suatu masyarakat, sehingga dapat memberikan pengetahuan dasar dalam bermasyarakat. Pemecahan masalah bisa dilihat dari berbagai sudut pandang karena permasalahan dalam masyarakat sangatlah kompleks dan berbeda beda. Ilmu sosial dasar ini biasanya menjadi bahan ajar bagi mahasiswa
Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan ilmu kajian tentang kehidupan manusia sebagai seorang individu sekaligus sebagai makhluk sosial yang berinterkasi dengan lingkungannya. Dengan kata lain bahwa Ilmu Pengetahuan Sosial memiliki kajian yang sangat kompleks tentang kehidupan manusia dan lingkungannya berserta aspek-aspek kehidupan manusia itu sendiri. Oleh karena itu ilmu Pengetahuan Sosial ini mencakup unsur sejarah, ekonomi, geografi, hukum, politik, kewarganegaraan, sosiologi, humaniora, pendidikan dan agama. Ilmu pengetahuan sosial ini biasanya di pelajari sejak SD hingga SMA.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Ilmu Sosial hanya membahas tentang hubungan sosial antar masyarakat sedangkan Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu yang langsung membahas dan menelaah masalah masalah yang terjadi di masyarakat.

Persamaan
    1.     ISD dan IPS merupakan ilmu yang bahan ajar wajib bagi siswa ataupun mahasiswa.
    2.     ISD dan IPS memiliki materi yang sama mencakup yang mencakup sosial dan masyarakat.
    3.     Keduanya merupakan ilmu yang membahas kenyataan sosial dan masalah sosial.
 

Terdapat 3 Golongan bahan pelajaran ISD yaitu :

     1.      Ilmu yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di dalam masyarakat, dengan solusi yang tepat dan cepat karena jika masalah tersebut tidak segera di selesaikan maka keributan akan meluas dan akan mempengaruhi masyarakat yang belum pernah menghadapi masalah serupa.
      2.       Menagani sebuah permasalahan baru yang timbul akibat kesengajaan atau tidak ada kesengajaan. Dengan menggunakan data dan hasil studi dalam masyarakat kita bisa mempelajari masalah yang sama dan mempunyai efek yang berbeda dari masalah yang timbul.
     3.      Masalah dalam masyarakat yang begitu kompleks dengan latar belakang yang berbeda sesuai dengan keadaan suatu masyarakat itu sendiri.


     CONTOH KASUS :


Truk Sampah Ditahan, DPRD Minta DKI Jaga Komitmen Baik ke Bekasi
Kamis, 18 Oktober 2018 


(sumber: suara.com)

Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Iman Satria meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjaga komitmen baik dengan Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat. Hal itu dikarenakan Pemprov DKI masih meminjam lahan Pemkot Bekasi untuk tempat pembuangan sampah warga Jakarta.

Dengan hubungan yang baik, semua kebijakan bersama antara Pemprov DKI dengan Pemkot Bekasi, kata Iman, tidak akan ada yang terganggu. Sehingga kasus puluhan truk sampah milik DKI Jakarta ditahan Pemkot bekasi saat hendak membuang sampah ke Bantargebang.

"Pemprov DKI jaga hubungan baik dong, komitmen harus dijalankan kalau memang sudah komit. Nggak boleh Pemprov DKI main tahan-tahan gitu saja kayak kita baru kenal gitu," kata Iman saat dihubungi Suara.com, Kamis (18/10/2018).

Saat ini Pemprov DKI sedang melakukan pembangunan Intermediate Treatment Facility (ITF) di Sunter untuk pengolahan sampah. Sebelum ITF dibangun, Pemprov DKI tidak memiliki lahan untuk mengelola sampah yang dihasilkan sekitar 7.000 ton per hari.
"Saat ini belum ada opsi lain selain Bantargrbang, tapi kan kita lagi bangun ITF. Nunggu sampai ITF jadi ya jaga hubungan yang baik," ungkap Iman.
Sebelumnya, sejumlah anggota Dinas Perhubungan Kota Bekasi menghentikan puluhan truk sampah milik DKI Jakarta yang melintas di Jalan Raya Jendral Sudirman, Kecamatan Bekasi Selatan.

Solusi : - Pemerintah sesegera mungkin merampungkan pembangunan ITF
             - Pemerintah DKI perlu bersikap baik kepada Pemerintah Kota Bekasi.

Daftar Pustaka
     
     Netje, Herwantiyoko. 1997. MKDU Ilmu Sosial Dasar. Jakarta : Gunadarma.
     Wahyu, Ramdani. 2017. Ilmu Sosial Dasar. Bandung : Pustaka Setia
      Suara.com




0 komentar:

Posting Komentar